Tips Mencuci Pakaian di Musim Hujan

Mencuci pakaian di musim hujan, kadang jadi kendala sendiri sehingga terjadi penumpukan cucian, terutama buat Bunda yang memiliki anak atau bayi.

Bunda termasuk orang yang cukup beruntung, jika Bunda memiliki mesin cuci super canggih, yang bisa melakukan sendiri semua proses mencuci pakaian: cuci, bilas, dan pengeringan. Walaupun demikian, melalui tips pengaturan yang cerdik, Bunda menyederhanakan urusan mencuci pakaian ini dengan menggunakan fasilitas yang cukup sederhana.
Tips Mencuci Pakaian di Musim Hujan
Tips Mencuci Pakaian di Musim Hujan
  1. Biasakan untuk melakukan proses sortir sejak awal. Setiap kali pakaian si kecil yang berwarna putih kotor, kelompokkan dalam wadah tersendiri. Bisa berupa boks, keranjang atau kantong, usahakan berpenutup. Demikian pula untuk pakaian warna pastel dan warna gelap.
  2. Pemilahan perlu Bunda mulai berdasarkan tingkat kesulitan pencucian. Jadi, ketika pakaian putih si kecil terkena bubur susu coklat, sisihkan dan langsung rendam dalam air berdeterjen anti-noda yang lembut untuk bayi. Demikian pula pada popok atau celana yang terkena air seni atau pup. Sisihkan, cuci terpisah.
  3. Khusus untuk pakaian balita yang sedang “hobi” mengantongi sesuatu, selalulah keluarkan saku bagian dalam sebelum dimasukkan ke dalam boks cucian kotor. Selain untuk memeriksa, cara ini juga memudahkan proses pencucian. Untuk kotoran yang melekat pada bahan, sebelum dimasukkan kantong, sikat sejenak hingga kotoran mudah lepas, dan rendam tersendiri. Selesai proses rendam ( 1 – 2 jam), Bunda bisa melakukan proses selanjutnya dengan mesin cuci.
  4. Proses penting selanjutnya: pengeringan. Selain mengandalkan pengering yang tersedia pada sebagian besar mesin cuci, pengeringan mengandalkan matahari tetap yang utama. Agar lebih cepat kering, hindarilah melipat cucian saat menjemur. Usahakan semua permukaan pakaian terkena udara dengan cara menggantung dengan hanger. Kini dalam ukuran kecil untuk pakaian bayi sudah tersedia.
Yang perlu kita ingat: Agar urusan Bunda dalam mencuci pakaian si kecil lebih efisien, ada baiknya perbanyak pakaian yang tak perlu proses setrika dan tak mudah kusut.

Post Author: Ida Oktivira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *